PLH REKTOR UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG BUKA CABANG LOMBA SENI DARING PESONA PTKN 2022

  • Whatsapp

Pelaksana harian (Plh) Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof Dr H Rosihon Anwar MAg CHS membuka secara resmi Cabang Lomba Seni Daring Pekan Seni dan Olahraga Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PESONA PTKN 2022) yang berlangsung di Gedung Abdjan Soelaeman, Kamis (14/07/2022).

Dalam sambutannya, Plh Rektor menyampaikan komitmen bersama untuk mensukseskan PESONA I agar menjadi teladan bagi pelaksanaan selanjutnya. Caranya dengan memberikan pelayanan terbaik terhadap para delegasi, kontingen dan mari kita menjunjung sportivitas, kejujuran, transparansi dalam melakukan perlombaan.

“Saya atas nama pimpinan mengucapkan Selamat Datang, Wulujeng Sumping di Bandung. Mudah-mudahan dengan adanya pertemuan ini membawa berkah karena semakin banyak orang melakukan silaturahmi, maka semakin berkurang dosa kita,” tegasnya.

Prof Rosihon berpesan kepada panitia, Dewan Juri dan Hakim dalam rangka mensukseskan PESONA I, terutama saat pelaksanaan Cabang Lomba Seni yang digelar secara daring selama dua hari, Kamis-Jumat (14-15/07/2022).

“Untuk panitia berikan pelayanan terbaik kepada official, admin yang hadir hari ini di kampus UIN Bandung. Saya meyakini para Dewan Hakim, Juri pasti memberikan penilaian yang terbaik, seobjektif mungkin, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, kejujuran, transparansi. Mudah-mudahan ketika kita sukses melaksanakan PESONA I dengan aman, nyaman, dapat dipastikan menjadi teladan untuk penyelenggaraan PESONA berikutnya,” tandasnya.

Ketua Pelaksana, Prof Ah. Fathonih MAg menuturkan PESONA merupakan bentuk transformasi dari kegiatan yang semula bernama Pekan ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) yang kemudian dikembangkan menjadi dua even, yaitu OASE dan Pekan Seni Olahraga Mahasiswa Nasional (PESONA).

Prof Ah. Fathonih menegaskan PESONA I PTKN Tahun 2022 sebagai ajang silaturahim sekaligus kompetisi bagi mahasiswa PTKN se-Indonesia. Tujuannya, Pertama, Memperteguh semangat kebangsaan melalui seni dan olahraga guna menghasilkan anak bangsa yang mengedepankan perdamaian dan persatuan bangsa;

Kedua, Mempererat silaturahim antar mahasiswa PTKN se-Indonesia dan memberikan kontribusi untuk kemajuan prestasi bidang seni dan olahraga guna menghasilkan calon penerus kepemimpinan bangsa yang berdedikasi tinggi dengan segenap potensi dan keterampilan;

Ketiga, Meningkatkan kesehatan jasmani, disiplin, kreatifitas dan sportivitas mahasiswa PTKN agar menjadi manusia Indonesia yang berkarakter dan berbudaya; Keempat, Meningkatkan prestasi nasional dan internasional dalam bidang seni dan olahraga.

Terdapat 22 cabang perlombaan dalam PESONA I yang terdiri dari: Pertama, Bidang Seni berjumlah 12 cabang perlombaan yaitu Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ), Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ), Pop Solo Islami, Cipta Lagu Islami, Musikalisasi Hadits, Puitisasi Terjemah Al-Qur’an, Qosidah Modern, Kaligrafi, Film Pendek, Stand Up Comedy, dan Monolog; Kedua, Bidang Olahraga berjumlah 10 cabang pertandingan yaitu; Tenis Meja, Catur, Pencak Silat (seni), Karate (Seni/Kata), Taekwondo (seni), Volleyball, Bulu Tangkis, Basketball, Futsal dan Panjat Tebing.

“Dari 12 cabang lomba seni, 8 cabang diperlombakan secara daring pada babak penyisihan, sisanya 4 cabang dilaksanakan secara full luring pada puncak pelaksanaan PESONA, yaitu pada tanggal 8-13 Agustus 2022. Untuk jumlah pendaftar by number ada 4.181 mahasiswa dan jumlah pendaftar by name ada 3.455 mahasiswa yang terdaftar dan lolos verifikasi,” paparnya.

Menurutnya, ada 62 PTKN se-Indonesia terdiri dari 24 UIN, 29 IAIN, 5 STAIN dan 4 PTKN lainnya, seperti UHN I Gusti Bagus (IGB) Sugriwa, IAKN Kupang, STAKN Pontianak dan STABN Sriwijaya Tangerang.

“Hari ini kita berada pada tahap 5, yaitu pelaksanaan lomba daring yang diperlombakan 8 mata cabang: untuk MSQ diikuti 55 partisipan di Aula Perpustakaan lantai I, Cipta lagu Islami diikuti 32 partisipan di Aula PTIPD lantai I, Musikalisasi Hadits diikuti 24 partisipan di Aula PTIPD lantai III, Film Pendek diikuti 52 partisipan di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Qasidah diikuti 18 partisipan di Aula Fakultas Psikologi, Monolog diikuti 47 partisipan di Aula Fakultas Sains dan Teknologi, Puitisasi Al-Quran diikuti 53 di Aula Sidang Senat, Stand Up Comedy diikuti 34 partisipan di Aula Sekretariat SPAN. Sedangkan pengumuman finalis cabang lomba daring akan diumumkan pada tanggal 17 Juli 2022,” jelasnya.

Sebagai bukti menjunjung tinggi sportivitas, dilakukan Sumpah janji Dewan Juri yang dibacakan oleh Dr H Abdul Mujib MAg,
“Kami atas nama Dewan Juri Pekan Seni dan Olahraga Nasional (PESONA) I PTKN tahun 2022, dengan ini bertekad : Pertama, Siap menaati peraturan yang berlaku dengan dilandasi oleh jiwa ksatria demi menjaga nama baik koprs dan Negara Kesatuan Republik Indonesia; Kedua, Senantiasa menjunjung tinggi asas persatuan dan persaudaraan dalam bingkai spirit of harmony; Ketiga, Melaksanakan tugas sebagai Dewan Juri PESONA I PTKN tahun 2022 dengan adil, tidak berpihak dan menjunjung tinggi asas sportivitas,” pungkasnya.

Acara pembukaan Cabang Lomba Seni Daring dihadiri oleh para Wakil Rektor, Kepala Biro, delegasi Forum Wakil Rektor III, official dan admin PTKN serta para juri yang terdiri dari utusan PTKN, profesional yang memiliki sertifikat dan sangat kompeten di bidangnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.