Saatnya Mahasiswa UIN Bandung Merintis Karir, Bisnis dan Berwirausaha

  • Whatsapp

Sorotbandung.com

Unit Pelaksana Teknis Pusat Karier UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Seminar Persiapan Karier bertajuk Merintis Karir, Bisnis dan Berwirausaha yang dibuka oleh Wakil Rektor III, Prof Ah Fathonih MAg, di Aula Abdjan Soelaeman, Selasa (12/07/2022).

Hadi S Cokrodimedjo, Wakil ketua Umum Bidang Bisnis Berbasis Teknologi Terapan, Ketua Umum YP SDM di Kadin Jawa Barat; Aldi Rinaldi, (Assistant Marketing & Communication Manager Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention tampil menjadi narasumber Seminar yang dipandu oleh Roni Rodiana, S.Kom.I

Dalam sambutannya Wakil Rektor III mengajak civitas akademika untuk menjadikan dunia kewirausahaan sebagai pandangan hidup dan memberikan motivasi kepada para mahasiswa, alumni agar mulai berwirausaha, bisnis, sehingga terlahir kaum intelektual muslim mandiri dan entrepreneur muslim sejati.

Prof Fathonih menegaskan pentingnya memilih peran dalam meniti karier. “Baik menjadi produser atau sutradara itu sangat berperan besar dalam karier. Karena hidup itu pilihan, maka yang menentukan masa depan itu diri sendiri, bukan orang lain. Tentunya diperkuat dengan sering silaturahmi, jaringan,” tegasnya.

Menurutnya, jelang tahun 2045, Indonesia emas itu tergantung kondisi mahasiswa saat ini, “Tentunya harus dipersiapkan dengan baik Indonesia emas yang akan datang. Oleh karena itu hari ini mahasiswa harus memaksimalkan potensi. Caranya dengan menjadikan momentum saat menjadi mahasiswa itu waktunya berkolaborasi dengan orang lain, pihak tertentu karena tantangan di era 4.0 sangat kompleks. Ya meski dibangun kebiasaan berkolaborasi, berjejaring dalam meniti karier,” jelasnya.

Ketua Pusat Karier, Dr. Hj. Betty Tresnawaty, M.I.Kom., CPR., CICS., CICSS., didampingi Anggita Rahmi Hafsari, M.Si., Sekretaris Pusat Karier menyampaikan Seminar Persiapan Karier dengan Tema Merintis Karir, Bisnis dan Berwirausaha ini adalah kelanjutan dari Seminar Persiapan Karier 1.

Fokus Seminar Persiapan Karier 2 adalah untuk memberikan softskill kepada seluruh mahasiswa agar siap memasuki dunia kerja di berbagai bidang “tidak hanya menjadi pegawai saja, namun mahasiswa dapat juga berkarier di dunia bisnis dan wirausaha. Oleh karena itu Pusat Karier mengundang narasumber yang mumpuni dari Kadin dan juga Alumni,” jelasnya.

Bagi Aldi Rinaldi dalam mempersiapan, merintis karir, bisnis dan wirausaha berbagi tips menceritakan pengalamannya, saat ingin melanjutkan kuliah sambil bertanya, tujuan kuliah untuk apa? Menambah Gelar? Menambah wawasan?
Mendapat Pekerjaan yang layak? Menjadi Pengusaha Sukses?

“Tujuan saya kuliah? Saya harus membuka dunia yang tak pernah saya lihat, caranya? Selesaikan kuliah dengan luar biasa,” ujarnya.

“Dunia yang sudah saya buka..ketika saya memulai karir sebagai marketing communication di industri perhotelan, hingga mendapatkan award pada tahun 2021,” jelasnya.

“Setelah lulus, apa yang saya pilih? Jadi pengusaha sukses! Caranya kerja, kerja dan kerja,” paparnya.

Persiapan selama kuliah saat
saya memiliki 2 pilihan tersebut: Organisasi, Freelance, Akademik, Non-Akademik, Relasi, Akreditasi (Sertifikasi).

Menurutnya, modal dalam bekerja, berusaha itu memiliki kemampuan, terus belajar, improve, dan melakukan inovasi.

Tips untuk mendapatkan
sebuah pekerjaan (usaha) itu kuncinya ada tiga,”Akademik, Non Akademik dan Relasi,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *