Pembekalan DPL KKN SISDAMAS UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2022

  • Whatsapp

Sorotbandung.com

Sebanyak 134 tenaga pendidik UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengikuti Pembekalan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN SISDAMAS) Tahun 2022 yang dibuka oleh Pelaksana harian (Plh) Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, MAg, di Aula Abdjan Soelaeman, Senin (11/07/2022).

140 DPL KKN SISDAMAS itu akan disebar pada 8 Kabupaten, yaitu Purwakarta, Bandung Barat, Bandung, Garut, Kuningan, Ciamis, Pangandaran dan Majalengka, sebanyak 34 kecamatan dan 144 desa di Jawa Barat, yang diikuti 5.422 mahasiswa dari tanggal 25 Juli-25 Agustus 2022.

Prof Rosihon menyampaikan dalam konteks mempersiapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mahasiswa diberikan kesempatan untuk memilih jenis KKN.

“Saya atas nama pimpinan mengucapkan terimakasih kepada LP2M yang sudah mempersiapkan kegiatan ini, dan juga bahwa KKN tahun ini ada enam variasi KKN. Meskipun
non reguler masih sedikit, jika dibandingkan dengan reguler. Mudah-mudahan ke depan lebih banyak lagi yang mengikuti jalur non reguler sesuai potensi masing-masing. Dalam konteks MBKM skema KKN itu sangat banyak, lebih bervariasi, ditentukan pilihannya. Tentunya merdeka yang terarah, sehingga pada tahun 2023 bisa 6,7,8, atau 20 variasi KKN,” tegasnya.

Menurutnya, kehadiran mahasiswa diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. “Saya berharap melalui KKN ini kehadiran mahasiswa UIN SGD Bandung bukan untuk mencari masalah atau memperuncing konflik, tetapi ikut andil dalam memecahkan segala problematika yang ada di masyarakat. Prinsip KKN itu jangan membawa masalah, tetapi harus bisa menyelesaikan masalah. Jangan menggurui masyarakat, tetapi harus ikut sama-sama belajar dari warga. Untuk itu, keberadaan DPL sangat menentukan orientasi dan tujuan KKN. Paling tidak 5 kali kehadiran DPL ke lokasi KKM mulai dari observasi, serah-terima peserta, bimbingan siklus, evaluasi sampai penutupan,” jelasnya.

Ketua LP2M Dr. Husnul Qodim, MA menyampaikan KKN Reguler SISDAMAS adalah Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan secara luring di 8 Kabupaten yang sudah ditentukan berbasis pemberdayaan masyarakat. Dalam pelaksanaan KKN Reguler
SISDAMAS ini dikemas dengan memadukan antara proses belajar sosial bagi peserta KKN, pengabdian kepada masyarakat, dan riset sosial melalui tahapan-tahapan siklus pemberdayaan.

“KKN SISDAMAS yang diselenggarakan ini dalam semangat kampus merdeka, diwujudkan dengan pemberdayaan masyarakat melalui refleksi sosial, perencanaan program, pelaksanaan program dan evaluasi program”, paparnya.

Untuk tagihan KKN 2022 ini, Pertama, output utama; log book berupa catatan harian kegiatan KKN, pemetaan sosial (Hasil siklus 1) dan tulisan artikel sesuai template. “Jika DPL memandang laporannya berpeluang untuk diterbitkan di Jurnal, maka dipilah untuk
diproses untuk penerbitan Jurnal, maksimal penulis Jurnal adalah 1 orang DPL dan 3 orang peserta KKN 2022. Sebaliknya, apabila dipandang oleh DPL lebih cocok untuk prosiding, maka
laporannya disiapkan untuk mengikuti seminar prosiding dan disatukan menjadi kumpulan tulisan prosiding,” tegasnya.

Tentunya, laporan dalam bentuk Jurnal maupun Prosiding itu diedit dan dinilai DPL KKN SISDAMAS yang diserahkan ke LP2M itu “untuk didaftarkan HAKI-nya menjadi karya bersama antara peserta KKN dengan DPL masing-masing. Sehingga Peserta KKN dan DPL KKN mendapatkan karya ber- HAKI,” jelasnya.

Kedua, Output anjuran; masing-masing peserta KKN 2022 menghasilkan video kegiatan dan berita kegiatan KKN SISDAMAS yang dapat dipublish di media sosial, setelah sebelumnya
diberitahukan ke DPL sebelum dipublish untuk dipertimbangkan baik konten maupun yang lainnya. Video kegiatan KKN ini rencananya akan dilombakan.

Mengenai tahapan KKN Reguler SISDAMAS memakai Siklus Sisdamas: Observasi lapangan, Siklus I: Refleksi atau Pemetaan Sosial, Siklus II: Penyusunan Program, Siklus III: Pelaksanaan Program, Siklus IV: Evaluasi dan Pelaporan. Output hasil KKN Reguler Sisdamas ada yang wajib dan ada yang anjuran.

Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. H. Aep Kusnawan, MAg, menuturkan peserta KKN SISDAMAS yang terdiri dari 5.422 itu dibagi ke pada 404 kelompok, dibimbing oleh 134 Dosen Pembimbing Lapangan serta dikoordinir oleh 7 orang koordinator dosen pembimbing dan 7 orang tim ahli KKN.

“Ke-5.422 peserta itu akan disebar di Kabupaten Purwakarta, Bandung Barat, Bandung, Garut, Kuningan, Ciamis, Pangandaran, dan Majalengka dari tanggal 25 Juli sampai 25 Agustus,” ujarnya.

Pembekalan DPL itu dihadiri oleh Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan (AUPK) Priyono, S.Pd, M.Pd dan para Wakil Dekan 1 tiap fakultas dilanjutkan pemaparan pembekalan KKN untuk para DPL oleh Tim Ahli KKN:
Dr. H. Ramdani Wahyu Sururie, M.Ag, Dr. H. Rohmanur Aziz, M.Ag, M. Asro, S.Ag, M.H., Lia Kamelia, MT,
Yadi Mardiansyah, M.Ag., Ferli Septi Irwansyah, M.Si dan Dr. Dulkiah, M.Si

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.