Bupati Sumedang Canangkan Gerakan Penghijauan Jalan Menuju Jatigede

  • Whatsapp

SUMEDANG sorotbandung.com

Bertempat di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir Pimpin Rapat pembahasan rencana penghijauan jalan menuju Jatigede
Senin, (16/08/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Pembangunan (dr. Hilman Taufik Wijaya Somantri, M.Kes), Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Camat Jatigede, Camat Jatinunggal, Camat Cisitu, Camat Darmaraja, Camat Wado dan Camat Tomo.

Penghijauan merupakan suatu upaya untuk mengembalikan dan meningkatkan efektivitas lahan agar dapat berfungsi dengan baik dan optimal. Sebagai pengatur tata air untuk mencegah banjir maupun untuk melindungi lingkungan yaitu mencegah timbulnya pencemaran. Penghijauan juga dapat diartikan sebagai kegiatan penanaman pohon pada lahan yang kosong di luar kawasan hutan.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyampaikan” terkait rencana penghijauan disepanjang jalan menuju jatigede Saya ingin disepanjang jalan menuju jatigede di kiri kanannya ditanami tumbuhan rindang dan produktif seperti pohon mangga, nangka, durian dan lain sebagainya.

Dan tentunya dengan bantuan Para Camat dan Kepala Desa. Untuk spek tanamannya sendiri akan di formulasikan oleh Dinas Pertanian dan DLHK. Setiap wilayah akan ditanami tumbuhan yang berbeda disesuaikan dengan kecocokan tanahnya,” ujar Dony

Lebih lanjut, Dony Ahmad Munir (Bupati) menambahkan” Disamping menanam juga terkait memeliharanya harus dikolaborasikan dengan desa agar dapat tertanami dengan baik. Saya ingin, penanaman dilakukan dibulan Oktober (pas musim hujan) dan ceremony bukan disaat penanaman namun ceremonynya akan dilakukan disaat peninjauan hasil penanaman. Mulai dari Tolengas kemudian ke Lingkar Timur dan Lingkar Utara,” tambah Bupati Sumedang.

Disamping itu, Bupati menghimbau kepada para camat yang hadir untuk bisa mengamankan sepanjang jalan menuju jatigede agar tidak ada bangunan-bangunan liar. Hal tersebut harus diantisipasi dari sekarang, karena jika didiamkan pasti akan menjamur,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *