Konferensi Internasional ICWT 2022 di Yogyakarta Gawean Kerja Bareng ITB dan UIN Bandung

  • Whatsapp

Sorotbandung.com

Institut Teknologi Bandung (ITB) berkerjasama dengan UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar konferensi Internasional bertajuk ICWT 2022 (International Conference on Wireless and Telematics 2022) secara hybrid di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta dari hari Kamis-Jumat (21-22/07/2022).

Konferensi Internasional ini menghadirkan dua pembicara utama; Pertama, Andrew, Chen-Yeon CHU, Ph.D, dari Feng Chia University Taiwan yang membahas model pembelajaran menggunakan citra cloud satelit dalam memprediksi pembangkit listrik jangka pendek, pembangkit listrik tenaga surya; Kedua, Elhadj Dogheche dari Universitas Polytechnique Hauts de France, Prancis yang menjelaskan Fidelity ringan untuk rumah sakit masa depan.

Dalam sambutannya, Ketua panitia ICWT 2022, Eki Ahmad Zaki Hamidi, MT menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraan konferensi kali ini tidak hanya dihadiri dari kampus dalam negeri tetapi juga kampus di luar negeri antara lain: Malaysia, Libya, India, Republik Korea dan Srilangka.

Eki menjelaskan bahwa tanpa tim yang luar biasa maka konferensi ICWT 2022 yang menginjak tahun ke-8 tidak dapat berjalan dengan baik. “Terutama kepada KK Teknik Telekomunikasi STEI ITB, kami mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas kerjasama ini,” tandasnya.

Dekan STEI ITB Dr. Tutun Juhana, menegaskan bahwa kegiatan ICWT ini diharapkan menjadi konferensi yang penting di Indonesia, terutama dalam bidang Informasi dan teknologi telekomunikasi, “karena dalam konferensi ini bisa bertukar ide, pengetahuan dan inovasi dalam perkembangan teknologi terutama bagi sektor pendidikan, dan industri,” tegasnya.

Wakil Dekan I, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Yudha Satia Perkasa, yang membuka kegiatan kali ini, menyampaikan ucapan terima kasih kepada STEI ITB yang menggandeng UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai co-host dalam kegiatan ICWT 2022. “Tentunya akan semakin meningkatkan capaian publikasi internasional bagi kampus kami,” optimisnya.

Kegiatan pembukaan juga dihadiri oleh Sekretaris LPPM UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Sarbini, Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Deni Miharja, serta Ketua Jurusan Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung Nanang Ismail, MT.

Saat dimintai keterangan Nanang Ismail menjelaskan bahwa kegiatan ini juga menghadirkan banyak mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang ikut mempresentasikan hasil penelitiannya, “Mudah-mudahan akan membawa dampak positif bagi mahasiswa, selain mendapatkan pengalaman juga pengetahuan tambahan, karena dapat melihat hasil penelitian yang dihasilkan peneliti-peneliti lain,” ujarnya.

Kegiatan ICWT 2022 yang dilaksanakan selama 2 hari ini berlangsung secara offline dan online untuk sesi parallel session, dan hasilnya akan di publish di IEEE yang terindex scopus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *