SMP Sumatra 40 Bandung di Masa Depan

  • Whatsapp

Sorotbndung.com
SMP Sumatra 40 Bandung merupakan Sekolah menengah pertama yang berlokasi di Jalan Pahlawan N21 Kota Bandung.
Lokasi Sekolah yang Strategis
SMP Sumatra 40 Bandung adalah sekolah yang menempati areal tanah dengan titik maps 6®54’00.4”S 107®38’02. 4”E-6. 900100,107.634000 SMP Sumatra 40 berdiri dibawah naungan Yayasan Pendidikan R.P. Hartoyo yang telah berdiri sejak 25 Mei 1980, dengan nama Yayasan Keluarga. Yayasan ini didirikan dengan idealisme untuk membantu program pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, membangun tunas bangsa agar lebih mudah mendapat akses pendidikan.
SMP Sumatra 40 berdiri pada tahun 1989 di Jalan Soekarno Hatta No.667 Bandung. Awalnya bernama SMP Sumatra 40-1, sementara itu di Jalan Pahlawan N0.21 Berdiri SMP Sumatra 40-2 . Pada pekembangannya kedua SMP tersebut dilebur menjadi SMP Sumatra 40 yang terletak di Jalan Pahlawan No.21 Bandung. Dengan semangat untuk memberikan pelayanan prima. SMP Sumatra 40 terus berusaha menjadi yang terbaik. Melalui peningkatan fasilitas, kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakulikuler, kesejahteraan dan guru bersertifikasi. Sehingga SMP Sumatra 40 selalu menjadi sekolah favorit bagi sebagian siswa di Kota Bandung dan sekitarnya.
Fasilitas yang Dimiliki SMP Sumatra 40 Bandung
Saat ini SMP Sumatra 40 Kota Bandung memiliki sebanyak 17 Rombongan Belajar (Rombel) yang terdiri dari siswa kelas VII = 5 Rombel, kelas VIII = 6 Rombel dan kelas IX = 6 Rombel, selain itu SMP Sumatra 40 Bandung juga memiliki berbagai fasilitas seperti Mushola, Perpustakaan multimedia, Ruang Kelas, Laboratorium Komputer, Ruang Podcast, Ruang Broadcast, Laboratorium IPA, Ruang Piket, Ruang Kepala Sekolah, Ruang Guru Ruang Bimbingan Konseling, Ruang Kesehatan (UKS), Ruang Kesenian. Ruang Ekstra Kulikuler, Ruang Serba Guna, Mading, Koperasi, Kantin, serta Lapangan Upacara dan Olahraga.
Sejak berdirinya SMP Sumatra 40 Bandung sampai sekarang telah mengalami beberapa kali pergatian kepemimpinan Kepala Sekolah. Saat ini Ir Yanti Suryanti Sahid, beliau sudah dipilih menjadi kepala sekolah selama 3 tahun dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku mengikuti aturan dari Yayasan, melalui beberapa kriteria tertentu. Melanjutkan perawatan sekolah seperti pengecetan, perbaikan – baikan atas program, akan selayaknya dilanjutkan. Seiring waktu juga terjadi perubahan jumlah guru/karyawan baik yang berstatus guru tetap yayasan maupun yang berstatus honorer disesuaikan dengan kebutuhan; sarana prasarana dan sumber belajar lainnya juga diperbaharui untuk memperlancar proses belajar mengajar; dari segi Administrasi baik Akademis maupun non Akademis juga senantiasa diupayakan untuk dapat memperlancar jalannya roda pendidikan di SMP Sumatra 40 untuk memenuhi tuntutan program yang diharapkan baik oleh sekolah maupun Pemerintah dan pelayanan kepada masyarakat.
” Kami merasa bangga karena saat ini SMP Sumatra 40 telah berkembang dan mendapat kepercayaan dari masyarakat”. Sementara itu, Yayasan Pendidikan R.P. Hartoyo telah berkembang dengan menyelenggarakan sekolah. Diantaranya SMP Sumatra 40, SMA Sumatra 40, dan SMK Sumatra 40 yang kesemuanya memiliki fasilitas tersendiri. Memang ada sedikit perubahan – perubahan dari tampilan sekolah yang sebelumnya tidak pernah dimiliki, seperti Ruang Baca karena pembangunan fasilitas sekolah tersebut, SMP Sumatera 40 ini status pemiliknya Yayasan, tidak pernah mengajukan Bumpel. Akan tetapi sekolah ini memiliki kebanggaan tersendiri dari semua prestasi siswa dan siswi yang bersekolah disini mendapatkan pengetahuan lebih melalui kegiatan ekstra kulikuler, ekstra kulikuler di SMP Sumatra 40 ada 15 macam. Semisal kegiatan lomba yang baru baru ini yang sudah pernah diikuti dan mendapatkan penghargaan adalah lomba Tahfidz sebagai juara pertama se- kota Bandung, Lomba Cheerleader antar SMP-SMA-SMK se Bandung. Walaupun belum pernah ada juara lomba di tingkat provinsi, kegiatan lomba antar siswa seperti itulah yang juga menjadi kebanggaan mereka untuk saat ini. Yang terpenting mereka akan menjadi harapan – harapan di MASA yang akan datang yang lulus dari SMP SUMATRA 40. Menjadi lulusan yang dapat dibanggakan. Dan harapannya nanti mereka mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan keahlianya.
Selama warga dapat mempercayai sekolah kami, menurutnya, akan dengan senang hati menerima mereka walaupun banyak keluhan diantaranya selama pandemic covid- 19 ini, warga dan wali siswa mendapat kesulitan untuk membayar SPP dan sekolah kami memberikan afirmasi, yaitu keringanan untuk biaya sekolah kepada siswa – siswa yang tidak mampu sesuai dengan apa yang disarankan pemerintah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.